Sinar Mas Land Bangun Dua Proyek Megastore

Jakarta —  Pengembang properti, PT Sinar Mas Land menggandeng perusahaan ritel terkemuka asal Singapura, Courts Asia untuk pembangunan dua megastore BIG-BOX pertama di Indonesia dengan konsep "Build to Suit" (BTS).

Group CEO Sinar Mas Land, Michael Widjaja mengatakan pembangunan megastore pertama akan berlokasi di bagian Timur kota Jakarta, tepatnya di Kota Harapan Indah dengan luas bangunan mencapai 16.000 meter persegi, sedangkan yang kedua berada di kota mandiri BSD City, Serpong, Tangerang mencapai luas bangunan 18.000 meter persegi.

Berdasarkan penjanjinan kerjasama (MoU) yang telah ditandatangani, Sinar Mas Land akan membangun dua megastore BIG-BOX yang merupakan kombinasi dari toko ritel, gudang penyimpanan dan kantor yang nantinya akan disewakan ke Courts Asia masing-masing untuk jangka waktu 28 dan 30 tahun.

"Kami sangat senang bisa bekerjasama dengan Courts Asia dan membantu memperluas operasi ritel mereka di kawasan Asia Tenggara, tepatnya ditengah pasar Indonesia yang terus bertumbuh," katanya di Jakarta, Selasa (23/7).

Lebih lanjut, Michael menjelaskan dengan pengalaman selama 40 tahun di bidang pengembangan properti, Sinar Mas Land dapat mendukung Courts Asia untuk mendapatkan lokasi yang strategis untuk mengembangkan merek serta memperkuat posisi mereka sebagai retail furniture dan elektronik terbesar di Asia Tenggara sehingga akan memberi keuntungan bagi kedua belah pihak.

Konsep Build to Suit sendiri merupakan sebuah strategi dimana pengembang (biasanya pemilik lahan) menawarkan kepada klien untuk membiayai dan membangun sebuah bangunan sesuai dengan kebutuhan calon penyewa (tenant).

Pengembang tersebut kemudian menyewakan bangunan itu kembali kepada si penyewa untuk jangka waktu yang panjang.

Selain megastore BIG-BOX, di lokasi ini juga akan dibangun gudang pusat distribusi regional dan kantor pendukung. Lokasi ritel di BSD City akan dibuka 3-6 bulan setelah pembukaan Megastore di Bekasi.

Sementara Courts Asia’s Executive Director and Group Chief Executive Officer, Terence Donald O’Connor mengungkapkan kerjasama strategis dengan Sinar Mas Land merupakan sebuah langkah maju bagi perkembangan Courts Asia di Indonesia karena dapat memberikan akses yang luas bagi perseroan dalam mendapatkan lahan di lokasi yang tepat, terutama di daerah yang merupakan target market utama.

"Konsep Build to Suit membantu untuk tetap fokus pada operasi ritel dan kredit yang merupakan keahlian utama kami," jelasnya.

Courts Asia berekspansi ke Indonesia, dengan Megastore pertama yang akan beroperasi pada 2014 mendatang.

Sebagai ritel terkemuka di Asia Tenggara pada bidang usaha peralatan elektronik, IT serta produk furniture saat ini Courts Asia telah mengoperasikan lebih dari 70 toko di Singapura dan Malaysia.

Ditulis Oleh : enjol // 1:10 AM
Kategori:

 
Powered by Blogger.