Tembus Rp 4,9 T, BSD Capai 60% Target Marketing Sales

Jakarta - Pengembang kota mandiri terbesar di Indonesia, PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) hingga semester I-2013 membukukan marketing sales sebesar Rp 4,19 triliun atau tumbuh 79 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2012 sebesar Rp 2,35 triliun.

Raihan tersebut juga setara dengan 60 persen atau Rp 4,19 triliun dari target marketing sales sepanjang tahun 2013 yang ditetapkan sebesar Rp 7 triliun.

"Akselerasi pertumbuhan ini ditopang strategi kemitraan dan kuatnya permintaan khususnya residensial,” jelas Direktur dan Sekretaris Perusahaan PT Bumi Serpong Damai Tbk, Hermawan Wijaya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (16/7).

Berdasarkan proyek, BSD City sebagai flagship project kelompok Sinar Mas Land membukukan kontribusi terbesar untuk marketing sales yakni 82 persen. Sedangkan Kota Wisata berkontribusi terbesar kedua dengan 7 persen selanjutnya Grand Wisata Bekasi berkontribusi 5 persen dan lainnya.

Sementara mengacu pada segmen pendapatan, kontributor terbesar hingga semester I-2013 dibukukan penjualan tanah dengan proporsi 64 persen terhadap total marketing sales. Kontributor terbesar kedua penjualan residensial sebesar 26 persen.

"Ini didorong penjualan lahan tanah kepada ketiga mitra strategis melalui entitas anak yang dibentuk dengan skema joint venture. Ketiga mitra tersebut antara lain Hongkong Land, AEON Mall Jepang dan Dyandra," kata Hermawan.

Pada tahun 2012 lalu, kontribusi penjualan kavling tanah berada di kisaran 32 persen dan residensial tercatat 58 persen. "Segmen kavling tanah tahun ini menjadi penggerak pendapatan perseroan,” tambah Hermawan.

Segmen rumah toko (shophouse) pada semester I-2013 turut memberikan kontribusi positif sebesar 9 persen atau Rp 391,72 miliar dibandingkan perolehan periode yang sama tahun 2012 yakni Rp 169,12 miliar atau setara dengan kontribusi sebesar 7 persen. Segmen ini tumbuh solid 43 persen dan menjadi kontributor terbesar ketiga bagi marketing sales.

Penulis: Whisnu Bagus Prasetyo/WBP

Ditulis Oleh : enjol // 6:56 PM
Kategori:

 
Powered by Blogger.