AEON Bangun Mal di Lahan 10 Hektar di BSD City

AEON Mall, pengembang dan operator pusat perbelanjaan terbesar di Jepang, akan membangun pusat perbelanjaan dan gaya hidup di lahan seluas 10 hektar di kawasan BSD City, Serpong, Tangerang, Banten. Ini merupakan kali pertama AEON membangun mal suburban bergaya Jepang di Indonesia.

Penandatanganan kerja sama antara AEON Mall dan Sinar Mas Land digelar pada Jumat (8/3/2013) siang ini di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, antara CEO Grup Sinar Mas Land Michael Widjaja, Managing Director Corporate Strategy & Services Sinar Mas Land Ishak Chandra, Vice President, dan CEO ASEAN Business Nagahisa Oyama, dan CEO ├ćON Mall Soichi Okazaki.

Mal megah yang akan menampung sekitar 180 penyewa ini dijadwalkan dibangun pada kuartal ketiga tahun 2013 dan akan mulai beroperasi pada akhir tahun 2014.

Rencananya, mal suburban tersebut akan ditempati oleh sejumlah penyewa (tenant) dari Jepang, antara lain AEON General Merchandising Store (dahulu disebut JUSCO). AEON General Merchandising Store akan menjadi tenant utama.

Para penyewa lain menjual barang kebutuhan sehari-hari, seperti pakaian, sepatu, alat-alat olahraga, musik, hobi, salon, tempat kursus, pusat kebugaran, dan area bermain anak-anak, serta pusat hiburan dan tempat makan. Mal ini terdiri dari empat lantai dengan area parkir atap dan bawah tanah. Lahan parkir bisa menampung lebih dari 2.800 mobil dan 1.100 sepeda motor.

Mal AEON diharapkan menjadi tempat berkumpulnya komunitas Jepang dan menjadi salah satu pusat kebudayaan Jepang di mana bisa terjadi interaksi pertukaran budaya kedua negara.

CEO Grup Sinar Mas Land Michael Widjaja mengungkapkan, pembangunan mal ini merupakan awal yang baik untuk kedua perusahaan mengembangkan kerja sama yang saling menguntungkan di masa depan. “Mal suburban ini akan menjadi fasilitas yang memanjakan penghuni BSD City dan tujuan wisata belanja baru bagi warga Jabodetabek,” kata Michael.

Menurut Michael, mal baru tersebut juga menjadi alternatif lokasi belanja bagi masyarakat Serpong dan Tangerang sehingga mereka tidak perlu lagi menghadapi kemacetan di tengah kota. Apalagi, BSD City dapat dijangkau dengan mudah dengan adanya dua pintu tol langsung, yaitu Tol Pondok Indah dan Tol Kebon Jeruk.

Hadirnya Mal AEON semakin melengkapi fasilitas perbelanjaan yang ada di BSD City. Sebelumnya, Sinar Mas Land membangun The Breeze, pusat gaya hidup pertama di Indonesia.
Kehadiran AEON Mall dan The Breeze dengan konsep unik dan berbeda itu semakin memanjakan penghuni BSD City dan sekitarnya.

Kelas menengah Indonesia tumbuh
CEO AEON Mall Soichi Okazaki mengatakan, prospek bisnis mal komersial di Indonesia pada beberapa tahun mendatang semakin menjanjikan. “Meningkatnya jumlah kelas menengah Indonesia diiringi dengan semakin tingginya daya beli masyarakat mendorong AEON Mall menanamkan investasi di Indonesia,” ungkap Soichi.

Soichi berharap kerja sama ini akan mampu memberikan kontribusi positif pada pertumbuhan kedua perusahaan dan memperkenalkan standar pelayanan terbaik ala Jepang dalam pengoperasian mal komersial di Indonesia.

Pengalaman panjang Sinar Mas Land selama lebih dari 40 tahun dalam pengembangan properti di Indonesia jadi alasan kuat AEON Mall memilih bekerja sama. Sinar Mas Land juga memiliki rekam jejak tepercaya dalam bekerja sama dengan investor Jepang, antara lain kerja sama dengan Itochu dan Sojitz.

AEON Group mengoperasikan dua pertiga pusat perbelanjaan di Jepang atau lebih dari 200 pusat perbelanjaan. Di Indonesia, AEON Mall mendirikan bisnisnya melalui PT AEON Mall Indonesia yang beroperasi sejak Oktober 2012.

Induk perusahaan AEON Mall—AEON Co Ltd—terdaftar pada September 1926 sebagai perusahaan ritel (toko kebutuhan sehari-hari). Hingga Februari 2012, AEON Group mengoperasikan ratusan toko kebutuhan sehari-hari, toko diskon, toko perlengkapan rumah, dan lain sebagainya. AEON Group juga megoperasikan ribuan toko khusus, apotek, toko kelontong, dan bisnis jasa.

AEON Group berambisi menjadi penjual ritel nomor satu di kawasan Asia. Saat ini, AEON Mall beroperasi di 12 negara, yaitu Jepang, China, Hongkong, Korea Selatan, Taiwan, Filipina, India, Vietnam, Kamboja, Thailand, Malaysia, dan Indonesia.

Ditulis Oleh : enjol // 5:52 PM
Kategori:

 
Powered by Blogger.