Courts buka gerai di Indonesia

JAKARTA. Jumlah penduduk berlimpah dengan daya beli tinggi menjadikan Indonesia sebagai surga bagi pelaku usaha. Inilah yang mendorong perusahaan ritel perusahaan ritel asal di Singapura, Courts Asia Limited masuk.
Melalui PT Courts Retail Indonesia, Courts siap mengoperasikan gerai bernama Courts Big Box Megastore di kompleks Kota Harapan Indah, Bekasi pada minggu ketiga Oktober 2014. Courts menggelontorkan investasi US$ 3 juta−US$ 4 juta. "Keseluruhan dana investasi berasal dari internal Courts," ujar Roy Santoso, Country Chief Executive Officer Courts Retail Indonesia, Rabu (24/9).
Di luar anggaran itu, Courts masih harus merogoh kocek untuk menyewa lahan di Kota Harapan Indah milik Sinarmas Land. Sistem kerjasama dengan Sinarmas Land adalah build to suit, yakni Courts menyewa bangunan yang didirikan oleh Sinarmas Land selama 28-30 tahun ke depan.
Sebelumnya, manajemen Courts pernah mengatakan kepada KONTAN bahwa peritel itu menganggarkan dana US$ 10 juta−US$ 15 juta. Dana investasi tersebut sudah termasuk biaya sewa lahan.
Jika Anda belum familier, gerai Courts, mereka menjual produk elektronik, produk rumah tangga hingga furnitur. Courts akan mengisi gerainya dengan 12.000 produk merek lokal dan internasional. Gerai itu sendiri menempati tanah seluas 2 hektare (ha). Sementara luas bangunan adalah 12.000 meter persegi (m²) dan terbagi dalam dua lantai.
Layaknya pusat perbelanjaan lain, Courts akan menyisihkan area 2.000 m² untuk area berdagang makanan dan minuman. Sampai saat ini sudah ada tujuh mitra yang sudah digandeng, seperti Chicken Story, Kopi Gayo, Cup Bon dan Century Healthcare. 
Mengenai pilihan lokasi, bukan tanpa alasan Courts memilih Bekasi. Bekasi menjadi pilihan tatkala peluang membangun pusat perbelanjaan jumbo tak lagi memungkinkan dilakukan di Ibu Kota. "Kami menyasar lahan yang luas dan penduduk yang padat, Bekasi menjadi jawabannya," kata Roy. 
Tentu saja pilihan lokasi tersebut juga dibarengi taksiran bisnis. Dalam perkiraan Roy, perusahaan elektronik paling tidak bisa mencetak penjualan Rp 10 miliar per tahun. Sayangnya dia belum bisa membeberkan detail target pendapatan per tahun gerai Courts di Bekasi. 
Namun, menggunakan perkiraan yang pernah manajemen perusahaan itu sampaikan sebelumnya, Courts mengincar penjualan rata-rata per gerai US$ 200 per m²−US$ 300 m² per tahun pada tahun pertama beroperasi. Itu berarti proyeksi pendapatan gerai Courts adalah US$ 2,4 juta- US$ 3,6 juta per tahun.
Setelah Bekasi, tahun depan, Courts akan membuka satu gerai di Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan. Gerai kedua ini akan menempati tanah 18.000 m² dengan luas bangunan 12.000 m². Impian Courts dalam lima tahun ke depan adalah memiliki lebih dari 10 gerai di Indonesia. 
Sebagai informasi, Courts Asia sudah mengoperasikan 79 gerai, yakni 14 gerai di Singapura dan 65 gerai di Malaysia. Otomatis, gerai di Bekasi menjadi gerai ke-80

Ditulis Oleh : enjol // 11:08 PM
Kategori:

 
Powered by Blogger.