BSD Capai Rekor Laba Tertinggi Dalam 5 Tahun

Jakarta : PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) mencatat kenaikan laba bersih 369,1% mencapai Rp 1,24 triliun pada kuartal I 2013. Kenaikan laba bersih kuartal pertama ini merupakan rekor tertinggi bagi perseroan dalam lima tahun terakhir.

"Karena pencapaian laba bersih sebesar Rp 1,29 triliun di 2012 kemarin dan pada kuartal I-2012 hanya mencapai sebesar Rp 265,04 miliar," ujar Direktur dan Corporate Secretary Bumi Serpong Damai, Hermawan Wijaya pada acara Investor Day di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (1/5/2013).

Menurut dia, dengan pencapaian tersebut perseroan kian meraup target pendapatan sepanjang tahun ini akan tercapai. Adapun pendapatan Bumi Serpong Damai selaku emiten properti dengan kapitalisasi pasar Rp 30 triliun, terbesar diantara emiten properti lain.

Perseroan meraup pertumbuhan pendapatan hingga 160% menjadi Rp 2,08 triliun di kuatal I 2013 jika dibandingkan periode yang sama di 2012.

Dia menuturkan, pendapatan segmen pada penjualan tanah dan bangunan seperti rumah tinggal, ruko, bangunan industri dan bangunan strata title menyumbang kontribusi 90,6% dengan perolehan Rp 1,88 triliun.

Segmen ini tumbuh 194% dibandingkan pencapaian tahun lalu dan menjadi kontribusi pendapatan terbesar bagi perseroan.

Lonjakan pendapatan sepanjang kuartal I tercatat dampak penjualan pada PT Bumi Parama Wisesa, PT AMSL Indonesia dan PT Indonesia International Expo.

Ketiganya merupakan hasil usaha patungan antara Bumi Serpong Damai masing-masing dengan Hongkong Land, AEON Mall dan Grup Kompas Gramedia.

Sedangkan kontributor pendapatan terbesar kedua adalah segmen pendapatan sewa yang berkontribusi 5% atau senilai Rp 103,5 miliar.

Dalam 20 tahun terakhir, anggota Sinar Mas Land ini telah menjual setidaknya 30 ribu unit baik produk residensial maupun komersial di BSD City.

Hingga Kuartal I 2013, cadangan tanah yang belum dikembangkan mencapai Rp 7,46 triliun. Hal ini memberikan keleluasan gerak bagi Bumi Serpong Damai untuk mengembangkan proyek-proyek yang sudah ada maupun melakukan ekspansi ke proyek baru. (Dis/Nur)

Ditulis Oleh : enjol // 7:55 PM
Kategori:

 
Powered by Blogger.